Kamu Pecinta Ramen? Berikut Jenis-jenis Ramen, Kamu Wajib Tahu!

Kamu Pecinta Ramen? Berikut Jenis-jenis Ramen, Kamu Wajib Tahu!

Ramen, hidangan mie yang berasal dari jepang, yang populer di seluruh dunia. Dengan ratusan tahun sejarahnya, ramen telah mengalami perkembangan dan variasi yang menghasilkan berbagai citarasa dan gaya yang menggugah selera.

Ramen pertama kali muncul di Jepang pada abad ke-17, dengan pengaruh dari masakan Tiongkok. Mi yang disebut “lamian” di China, diperkirakan menjadi cikal bakal ramen. Namun, ramen dalam bentuknya yang sekarang baru benar-benar berkembang pada awal abad ke-20. Pada awalnya, ramen dijual oleh penjaja keliling dan restoran-restoran kecil, namun popularitasnya seiring melonjak.

Ramen memiliki banyak varian, masing-masing dengan cita rasa dan bahan yang khas. Beberapa varian populer termasuk:

  1. Shoyu Ramen: Shoyu ramen adalah salah satu jenis ramen yang paling umum. Kuahnya berwarna cokelat keemasan dan dibuat dengan dasar kaldu ayam, daging babi, atau campuran keduanya. Kuah ini diberi rasa dengan kecap asin (shoyu), serta rempah-rempah seperti jahe dan bawang putih. Shoyu ramen biasanya disajikan dengan irisan daging babi, telur rebus, dan sayuran seperti daun bawang.

 

  1. Tonkotsu Ramen: Tonkotsu ramen memiliki kuah yang kental dan kaya rasa karena dibuat dari kaldu tulang babi yang direbus dalam waktu lama. Kuahnya biasanya berwarna putih susu dan memiliki rasa yang lezat. Tonkotsu ramen sering disajikan dengan daging babi yang lembut, potongan alga nori, dan telur rebus.

 

  1. Miso Ramen: Miso ramen menggunakan pasta miso (pasta fermentasi kedelai) untuk memberikan cita rasa yang kaya dan umami pada kuah. Kuahnya bisa bervariasi dari cokelat muda hingga merah kecokelatan, tergantung pada jenis pasta miso yang digunakan. Miso ramen sering diberi tambahan daging panggang, sayuran, dan telur rebus.

 

  1. Shio Ramen: Shio berarti garam dalam bahasa Jepang, dan shio ramen dikenal dengan kuah garam yang ringan dan segar. Kuahnya dibuat dengan campuran kaldu ayam atau laut, dan biasanya disajikan dengan irisan daging ayam atau seafood, serta sayuran seperti brokoli dan wortel.

 

  1. Tsukemen: Tsukemen adalah variasi ramen di mana mi dan bahan-bahannya disajikan terpisah dari kuah kental. Mi direbus, didinginkan, dan kemudian dicelupkan ke dalam kuah yang intens rasa di setiap gigitan. Biasanya, kuah tsukemen sangat kental dan mengandung banyak rempah-rempah.

 

  1. Hakata Ramen: Hakata ramen adalah variasi tonkotsu ramen yang berasal dari kota Fukuoka, Jepang. Kuahnya sangat kental dan dihasilkan dari proses perebusan tulang babi yang panjang. Hakata ramen sering disajikan dengan mi yang sangat halus, irisan daging babi tipis, daun bawang, dan adonan kamaboko (fish cake).

 

  1. Curry Ramen: Ini adalah variasi ramen yang kuahnya berbasis saus kari (curry). Kuahnya biasanya berwarna cokelat kemerahan dan memiliki rasa kari yang kaya. Curry ramen sering disajikan dengan irisan daging babi, telur rebus, dan sayuran seperti kentang dan wortel.

 

  1. Vegetarian Ramen: Varian ini cocok untuk vegetarian atau vegan. Kuahnya bisa dibuat dengan kaldu sayuran atau jamur, dan isian meliputi berbagai sayuran, tahu, dan bahan-bahan nabati lainnya.

 

  1. Seafood Ramen: Seperti namanya, seafood ramen menggunakan seafood sebagai komponen utama isian, seperti udang, kerang, cumi-cumi, dan ikan.

 

  1. Spicy Ramen: Ramen pedas bisa dijumpai dalam berbagai varian kuah seperti miso, tonkotsu, atau kaldu ayam. Biasanya, rempah pedas seperti cabai atau saus pedas ditambahkan untuk memberikan rasa pedas yang menggigit.

 

Setiap jenis ramen memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda, mencerminkan kekayaan dan kreativitas dalam dunia kuliner ramen. Ramen tidak hanya mengambil alih Jepang, tetapi juga merambah ke seluruh dunia. Di berbagai kota besar, restoran ramen dengan cita rasa autentik dan modern terus bermunculan. Tak hanya itu, banyak koki dan restoran juga berinovasi dengan menciptakan ramen dengan sentuhan internasional, seperti ramen dengan pengaruh Italia atau Amerika.

Dari berdirinya sebagai hidangan mi sederhana di Jepang hingga penyebarannya ke seluruh dunia, ramen tetap menjadi favorit banyak orang. Dalam berbagai varian dan gaya, ramen mengundang selera dengan cita rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Tak hanya sebagai hidangan lezat, ramen juga membawa cerita dan sejarah yang mencerminkan perkembangan budaya dan kuliner.

Di Ciledug, Cirebon Timur, terdapat cafe bernama Complete Me menyuguhkan restoran berkonsep mie, menjual berbagai menu mie, salah satunya ialah ramen, DenganĀ  varian rasa yang beragam, Complete Me menyajikan hidangan ramen mulai dari Milky Ramen, Tantanmen, Signature Ramen sampai dengan Spicy Ramen. Kamu yang penasaran bisa langsunng mengunjungi cafe ini yang berada di Jl. Merdeka Barat, Ciledug Kulon, Kabupaten Cirebon, Buka dari jam 11.00 sampai dengan 23.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Beranda
Menu Comme
Pesan Online
Menu Hyangyu